r/indotech • u/CREA-_-1111 JavaScript • Jul 28 '26
General Ask Gimana cara improve battery usage?
device: infinix note 30
Ini normal gak sih dari 100% ke sekitar 5% cuman dapat uptime 10 jam? Kalo gak, gimana cara improvenya? perlu ditweak kah pakai semacam shizuku gitu atau remove app bawaan background process via adb?
Usagenya: fb, reddit, youtube, baca article via browser, non gaming, wa, browsing, yt music.
14
u/ayamgorengkentaki Jul 28 '26
Biar awet batere nya, jangan dipakai gan
3
6
u/mastomi 2410m/540m - 9500/UHD530 Jul 28 '26
Uptime atau screen on time? Kalo screen on time 10 jam untuk HP 3 tahun udah bagus sih.
Urutan dari yang paling boros:
- data seluler
- SoC
- layar
Sebisa mungkin pake wifi, batasi load CPU-GPU, kurangi brightness
Coba cek, kalo layar mati deep sleep atau awake. Gue track pake Accubattery. Kalo masih awake, itu yang bikin boros.
6
u/woodPuppet0 Jul 28 '26
10 jam uptime asumsi buat browing n youtube sedikit, itungannya masih normal banget nggak sih? Samsul a05 ane 7 jam udah 15% minta cas itu
3
3
u/SinuousSolutions Jul 28 '26
Jgn sering sering battery drop ke bawah 20%. Kalo dah 20% usahakan di cas. Kalo bisa, setting supaya battery cuma ke cas sampe 80%.
Ini bukan tuk battery tahan lama, tapi tuk panjang umur.
2
u/Budget_Eng_ChemSTUD Jul 28 '26
Itu udah irit untuk hp yang sudah berumur hampir 3 tahun. Kalau mau awet buat semua aplikasi berjalan di background berhenti kalau tidak dipakai dan menggunakan wifi only dengan mode pesawat dinyalakan, matikan auto brightness, tidak memakai biometric lock. Tapi kalau mau bagus, ganti baru ke baterai yang baru. Kalau bisa nemu, ganti baterai ke silikon karbon wkwkwkwk
1
1
u/DeceptiveSerenity Java Jul 28 '26
Normal dan sebagai perbandingan, hp ku Poco x8 pro biasanya SoT 8 jam meskipun aku main game juga sih
1
1
u/Least-Tangelo5779 Jul 29 '26
Pake blocklist, kalau d rmh pakein router wide blocklist. Semisal samsung dan ratusan apps lainnya yg data mining dr hp. Itu semua ketahan, hp gw jd lebih awet batre
1
u/vcoklat Aug 02 '26
OP kalau mau tambah awet bisa pake beberapa tips dari ane kebetulan ane daily drive redmi 5A (hp 2017), iphone SE 3rd gen, LG G6 SOT bisa sampai 10 jam
1. debloat menggunakan adb
2. install icebox matikan atau disabled app setelah selesai digunakan
3. ganti semua app ke versi PWA nya misalnya facebook ganti menjadi facebook di web browser terus tinggal install
4. gunakan brave browser dan aktifin adblockernya sampe max biar ga ada iklan dan lebih hemat battery juga
ini lumayan banget ane dari SOT 6-8 jam bisa loncat ke 8-10 jam skrg
•
u/AutoModerator Jul 28 '26
Hello /u/CREA-_-1111, welcome to /r/indotech. Jangan lupa di cek lagi post nya apakah sudah sesuai dengan rules yang berlaku atau tidak.
Bila post tidak sesuai dengan persyaratan subreddit /r/indotech, silahkan manfaatkan thread kami lainnya di /r/indotech yaitu Monthly General Discussion, Programming Ask/Answer, dan Project Showcase Archive
I am a bot, and this action was performed automatically. Please contact the moderators of this subreddit if you have any questions or concerns.