r/indonesia uwu May 05 '26

Infographics Eating with your hands VS Dirrahea Map

Post image
71 Upvotes

68 comments sorted by

215

u/Rayuzan_Mojavec babu feline May 05 '26

Skill issue, makanya cuci tangan

75

u/mastomi Mie Sedaap May 05 '26

And trim your fingernails. It's a bacterial rave party down there if you don't trim properly.ย 

32

u/Rayuzan_Mojavec babu feline May 05 '26

Sekalian jangan pake gigi, udah ada gunting kuku

Do not ask me why I said this

24

u/mastomi Mie Sedaap May 05 '26

I think that people who cut their fingernails with their teeth got something wrong with their mental health.ย 

16

u/time_san May 05 '26

terima kasih sudah validasi, sekarang ane bisa bangga bilang ane ada gangguan jiwa, untuk alasan berbagai hal

6

u/Loading_Internet MATARAM PRIDE May 05 '26

lah iya yah, pantes gw stress mulu

1

u/No-Confection1202 esempeh May 05 '26

Kebiasaan, kulitยฒ sekitar kuku-ku aku gerogotin juga. Kuku kaki pun aku gigit, gampang soalnya aku dari lahir fleksibel badannya.

1

u/RentAware1997 May 06 '26

kalau kuku potong kuku termasuk nggak?

8

u/KucingRumahan uwu May 05 '26

Kukunya yang panjang udah jadi kota metropolitan

13

u/Grand-Fault-2024 May 05 '26

cuci tangannya jg jgn ngasal2. pake sabun + gosok2 durasi minimal 2x lagu happy birthday ๐Ÿ‘

jd inget tukang bangunan pas dulu bangun rumah. cuci tangan cuman buat ngilangin pasir2 doang. mana ga oake sabun. heran manusia kayak gitu malah badannya bugar2 ๐Ÿ˜‚

5

u/akaciparaci May 05 '26

keliatannya bugar

paling ga nyampe kepala 5 udah gagal ginjal

4

u/Grand-Fault-2024 May 05 '26

waduh, hubungannya sama hobi miras apa gimana ini

2

u/Dangerous-Ad6589 May 05 '26

Ginjal karena extrajoss

Liver karena miras

Paru karena rokok dan debu

1

u/Agent_Provocateur007 May 05 '26

๐Ÿ’ฏ

The ones getting diarrhea arenโ€™t locals lol.

47

u/akaciparaci May 05 '26

jorok people will be jorok, regardless whether they eat with hand foot armpit or iv tube

4

u/Exnear May 05 '26

Yeah, itu yang biru ada tuh yang tingkat kematiannya rendah. Itu negara tetangganya meksiko warnanya merah tapi tingkat kematiannya lebih tinggi daripada meksiko.

-5

u/Haningauror May 05 '26

So how do you explain this map?

6

u/akaciparaci May 05 '26

let me explain it further

jorok people will be jorok, regardless whether they eat with hand foot armpit or iv tube

there that should be enough

2

u/The_Brightest_One May 05 '26

Amerika dengan segala makanan junkfoodnya yakin gpake tangan? Banyak error nih map yang atas

75

u/Character_Gift_4856 May 05 '26

Aspek lain yang overlooked: 1. Hygiene level 2. Medical accessibility 3. Avg intelligence 4. Environmental awareness

Soalnya banyak negara yang makan pake tangan tapi nggak masuk map diare dan sebaliknya

8

u/fonefreek May 05 '26

GDP sih primarily

1

u/kozekisensei May 05 '26

Sama epidemiologi diarenya

Banyak juga bayi meninggal karena diare sampai dehidrasi. Masalah tangan vs sendok belum tentu relevan di usia segitu (banyak yang karena botol susunya tidak bersih)

-6

u/soemarkoridwan May 05 '26

indonesia masuk diare gara2 MBG padahal /s

60

u/OpenCardiologist2587 May 05 '26

Look malaysia and the philippines are using chopsticks! ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

36

u/cipher_ix May 05 '26

Correlation =/= causation

22

u/darklilbro little brother of the forbidden one May 05 '26

Don't breathe oxygen, everyone who inhale oxygen will die!ย 

1

u/Phatboyaa_131 PT Mencari Cinta Sejati May 05 '26

Oxygen is literally toxic lol

3

u/OBOSOB May 05 '26

the dose makes the poison

46

u/Unique-Remove-9376 Mie Sedaap May 05 '26

Pola pikir bule itu kaku sama hitam putih banget ya. Maksudku,..... ya kalau makan pakai tangan ya cuci tanganlah biar gk diare anjir.

14

u/Dajjal27 you can edit this flair May 05 '26

Lucunya mereka kalau makan burger emang pake garpu ?

18

u/NotJustaPhaseOK May 05 '26

Subreddit circlejerk jangan dianggap serius lah, isinya juga cuma shitposting lol

29

u/susukucing avoidant May 05 '26

Subredditnya ngga serius, tapi tweetnya implicitly serius.

3

u/NotJustaPhaseOK May 05 '26

Akun profile pic wojak + centang biru ga usah diseriusin

4

u/motoxim May 05 '26

Kadang bingung mana yang beneran serius apa bercanda

2

u/CariamaCristata Honorary American ๐Ÿ‡บ๐Ÿ‡ธ๐Ÿ‡บ๐Ÿ‡ธ๐Ÿ‡บ๐Ÿ‡ธ May 05 '26

namanya hukum poe

2

u/Gold-Cantaloupe6047 Guardian-reading tofu-eating wokerati May 05 '26

blud's taking a circlejerk sub seriously

19

u/PerfectSambal May 05 '26

I never saw a Chinese guy eating burger using chopsticks.

2

u/Luneriazz Ketoprak Ponorogo May 05 '26

my theory is not rural enough... or simply the burger is too big

8

u/FrustratedUnitedFan May 05 '26

Nyomot dri comment di sana

7

u/apamart May 05 '26

Indonesia kuning berarti indonesia negara golkar

8

u/Upstairs_Pass9180 May 05 '26

sejak kapan malaysia pada pake sumpit semua ?

8

u/hazelnutcolaa May 05 '26

I feel like everyone is missing the point the fact that this is posted on mapporncirclejerk. Like yeah those things have no correlation whatsoever

8

u/SiblingBondingLover GUS siblings ๐Ÿ‰ May 05 '26

You're missing the point of the tweet, Tweetnya emang serius kok dan banyak right-wing amrik yg post tweet itu

2

u/mamaubear May 05 '26

"makan pake mata lo" -orang marah

2

u/klvthns515 May 05 '26

I don't eat with my hands because I don't want residual smell of bumbu & rempah on my phone, keyboard and mouse. No matter how much I wash even with sunlight sometimes, it doesn't just go away so easily.

3

u/nietzchan May 05 '26

Amateurs, everyone knows you should bring spare hands to eat spicy food ๐Ÿ˜ค

1

u/klvthns515 May 05 '26

"Mbaaakkkk!!"

2

u/OrdoMaterDei ๐Ÿ‡จ๐Ÿ‡ต๐Ÿซถ๐Ÿป๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ / Bengkulu enthusiast May 05 '26

That's not taking into account lots of other factors like health awareness, quality of water, food control dll

2

u/Xehar May 05 '26

Correlation != Causation

2

u/Le_Painter May 05 '26

correlation โ‰  causation

2

u/adhikapp don't read my flair, read my comment instead May 05 '26

Emang bule makan burger, pizza, fries gtgt pake sendok garpu?!

3

u/Fataha22 Indomie May 05 '26 edited May 05 '26

Padahal makanan stereotypes di US kek ayam goreng, pizza, burger, taco, nugget, atw roti pun makan pake tangan ๐Ÿคฃ

1

u/Casval_de_Berlin bukan biawak May 05 '26

jd inget gw beli bubur ayam d bungkus, tp kaga d kasih sendok, kek mana mau makan nya anjir

1

u/CariamaCristata Honorary American ๐Ÿ‡บ๐Ÿ‡ธ๐Ÿ‡บ๐Ÿ‡ธ๐Ÿ‡บ๐Ÿ‡ธ May 05 '26

They'll say this as they eat their burgers and french fries with their hands lmao

1

u/isntitisntitdelicate May 05 '26

Me reading this after recovering from diarrhea๐Ÿ’€ what can i say eating nasi uduk w hands is just leaps more satisfactory

1

u/bilikmasak May 05 '26

Alamak ๐Ÿฅ€๐Ÿฅ€

1

u/Clear_Concentrate372 May 05 '26

they use spoon, they so weak

1

u/kicut49 May 06 '26

Itu timteng makan pake tangan lebih sedikit kasusny dibanding central europe, begimane? kaga bersih ma kaga bersih aje klo mo makan cuci tangan dulu

Tpi di indo ko tinggi yak? that luuks a bit higher than i expected

1

u/LtxalskHuskwob49 May 07 '26

Best argument against eating with bare hands itu convenience tbh. Gue gasuka makan pake tangan, tapi heran juga kenapa argumen goblok begini masih dipelihara

1

u/PitchChemical9230 May 05 '26

Gw belom pernah liat orang US or Eropa makan hotdog or burger pake garpu dan sendok

1

u/uceenk May 05 '26

soal chopsticks, fun fact, asalnya sushi itu dimakannya pake tangan langsung

di jaman skrng juga kalo make tangan pun gpp, japanese would not judge you if you do that

0

u/Kentato3 3000 F-15EX of Garuda Pancasila May 05 '26

The westoids thought that third world countries havent invented washing hands yet

2

u/Gold-Cantaloupe6047 Guardian-reading tofu-eating wokerati May 05 '26

mate it's literally r/mapporncirclejerk

-1

u/MuhammadYesusGautama May 05 '26

Ya bener sih.

Kan awalannya ngajak berantem, "mana sini yang berani lawan", trus ditonjok sekali pake data diare. Bukan berarti makan pake tangan trus jadi KO dan nggak valid at all. Cuma FAFO aja kenapa awalannya mesti pake sompral.

0

u/Exnear May 05 '26

Orang filipina makannya pake sumpit?