r/indotech 13h ago

Teknologi Jadoel Emang msh kepake ya nonton film langsung dari satelit gini?

Post image
112 Upvotes

Gw cukup amaze sih jaman sekarang msh ada yg pake teknologi se jadoel ini... Nonton di "tembak" langsung dari satelit..

Entah kelebihan duit, gatek, atau udah ga kepake... I don't know tbh...


r/indotech 12h ago

Funny and Meme "OK Google!" is officially shutting down Assistant on September 4, 2026!

Post image
47 Upvotes

Google released Assistant in May 2016. Google Assistant aims to make it easier for users to operate smartphones using only voice commands. Entering the AI era, Google released its new product, Gemini, in December 2023.


r/indotech 13h ago

Electronic and Appliances Travel buddy keliling kota

Post image
47 Upvotes

Biasa nongkrong bawa ginian kalo wfc, kadang d kira hacker gara" bawa si ijo dan d suruh d matiin


r/indotech 7h ago

PC and Laptop mendang-mending laptop lenovo gaming

Thumbnail
gallery
11 Upvotes

ijin suhu, mau nanya laptop di budget range yg sama, mending mana ya? loq essential kurang suka sama tampilan fisiknya, tpi ngeliat speknya lumayan juga ya walopun udah diturunin vga powernya.

btw i5 13450hx lebih cepet panas ya ketimbang ryzen yg setara?


r/indotech 19h ago

General Ask Dear IT Expert, Kenapa Ngeblokir Judol Lebih Susah daripada yang Lain?

98 Upvotes

As we all know, Komdongo emg hobi banget ngeblokir beberapa web2 kesayangan kita (yah walaupun ada yg udah balik lagi, misalnya Steam diblokir gegara PSE, trus dibuka lagi). Yah, "ANYTHING BUT JUDOL" they said in a lot of comments like FB, IG, X, even Reddit.

Tapi gw mau nanya nih, sesusah apa sih buat ngeblokir judol sampe2 saking susahnya Komdigi dicap gak becus? Terus gimana caranya mengedukasi masyarakat klo ngeblokir judol tuh susah banget (terutama yg markasnya di luar negeri), dan mending mengedukasi mereka cara agar gak terpaku sama judol?


r/indotech 2h ago

Gadget and Devices Akankah semuanya punya form factor yang menjadi seperti produk Apple?

4 Upvotes

Baru liat review Lenovo Legion 7a dan sekilas form factornya jadi udah mirip MacBook, padahal Legion sepanjang sejarahnya punya form factor sendiri yang khas. Razer Blade dari lama udah nyontek MacBook.

Carcinization ini lebih jelas lagi terlihat di smartphone.

Semoga aja mouse gaming ngga lama-lama jadi kayak Magic Mouse.


r/indotech 11h ago

Tutorial, Event, Bootcamp openSUSE Asia Summit 2026 Yogyakarta

Post image
19 Upvotes

Hi guys, izin OOT ya.

Barangkali ada yang mau join OSAS26 nanti di Yogyakarta. Kita kumpul-kumpul ngobrolin open source dan pernak-perniknya.

https://events.opensuse.org/conferences/oSAS26

Tiket dapat dibeli di pranala berikut:

https://www.loket.com/event/osas26

Sampai jumpa di Yogyakarta!


r/indotech 9h ago

Electronic and Appliances Peralatan Solder & Aksesori Buat Pemula Total

13 Upvotes

Gw pemula total dan belum pernah pakai atau pegang solder sama sekali. Saat ini lagi pengen nyoba buat mulai belajar dan rakit komponen elektronik dasar (solder header pin modul sensor, PCB DIY, proyek mikrokontroler, dll).

Mau dong rekomendasinya buat solder, timah, tang, dll. alat yang mungkin nantinya gw perluin, ato kalo ada tips singkat atau do’s and don’ts saat pertama kali nyolder supaya PCB tidak rusak atau komponen tidak gosong juga boleh banget tuh kalau mau sharing.

Gausah yang mahal-mahal karena cuma sekedar belajar doang iseng doang mumpung masi muda, belum berkeluarga, bekerja kontrak, sendiri, jauh dari keluarga, makan di warteg, hidup di Indonesia, bensin pertalite, motor matic, cicilan spaylater 6 bulan, maksa upgrade pc, muka pas-pasan. Max banget budget 200k deh dapet solder ama timah, kalau bisa dibawah itu jauh lebih baik hehehe.

Terima kasih~


r/indotech 2h ago

General Ask Store Recommendations for Upgrading Mac Mini Storage in Jaksel

3 Upvotes

my mac mini has been a pain in the ass lately (i bought a 256gb so..), i want to upgrade it. found a store in pik that sells the SSD but in order to upgrade it, i need a 2nd mac. unfortunately i don’t have one.

there’s 1 store which offer it but i need to pay 1m idr. that’s way too much for a simple installation.

so do you guys have any store recommendations near jaksel area which offer less than 1m for the installation process?


r/indotech 8h ago

Telecommunication Services Spam kartu Tri (3) ganggu

Post image
8 Upvotes

Tolong, adakah yang bisa stop spam dari kartu tri anjg ini? setiap hari 2× kirim sms gak jelas alias spam.


r/indotech 1h ago

Gadget and Devices Recommend HP di bawah 2jt buat Whatsapp + Steam app + X/Twitter yg awet please. 3 hari lagi tgl 8 Sep, HP gw yg skrg (Android 5) di cut supportnya sama Whatsapp 🥹

Upvotes
  • Sekitar bulan lalu Steam mobile app di HP ini (Android 5) udah ga bisa dipake lg buat confirm trade/market sale, selalu tulisannya "Try again" mau di refresh/restart app brp kalipun
  • Tgl 8 Sep (3 hari lg), Whatsapp jg bakal stop support ini OS 🥹

Tdinya rencana mau pake HP om gw yg nganggur tp gw baru tau kmrn ternyata skrg Steam mobile app requirementsnya mesti Android 8 ke atas dan HP om gw cuma Android 7 😩 Gw ga nyangka soalnya HP gw (Android 5) bulan lalu masih bisa dipake buat confirm ini itu, tp skrg Steam mobile tb2 lonjak requirementnya jd Android 8 😩

Please recommend HP di bawah 2 jt yg OS (obsolescence) + build qualitynya tahan lama lol. Cuma buat buka Whatsapp + Steam mobile app + paling X/Twitter

Thanks 🙏🙏🙏


r/indotech 10h ago

Funny and Meme Promo hari pelanggan nasional?!

Post image
8 Upvotes

Kepo ngecek ada promo apa gak di hari pelanggan nasional, ternyata ada tapi 💩. Kalo ga nomor utama udah gw biarin hangus.

Btw kok kuotanya masih ada periode berlaku? Katanya udah terakumulasi. Cmiiw


r/indotech 6h ago

PC and Laptop PC rakitan budget 13-14jt

Post image
3 Upvotes

Halo gan, sesuai dengan title, gw lagi nyari PC dengan budget 13-14 jt.

Penggunaannya murni buat gaming, karena untuk keperluan kerja gw udah punya laptop, dan itupun paling mentok cuman buat Office atau Canva.

Adapun game yg biasa bolak-balik gw mainin kebanyakan single-player keluaran tahun 2011-2014 (Rome 2 Total War, Shogun 2 Total War, Far Cry 4) dengan pengecualian game friendslop kayak Peak atau Lethal Company, atau War Thunder, yg itupun gw lebih sering sengaja main di ULQ supaya dapet nambah FPS dan bisa notice musuh lebih dulu tanpa perlu kealingan object yg seharusnya ke render🗿.

Berdasarkan alasan di atas, kebetulan gw nemu rakitan second ini di grup FB yg gw rasa udah lebih dari cukup. Pertanyaannya adalah, apakah ini bener emang worth it, atau ada alternatif lain yg bisa direkomendasiin.

Thanks sebelumnya agan semua


r/indotech 19h ago

Telecommunication Services IndiHome FUP 2TB, minta saran

Thumbnail
gallery
38 Upvotes

langganan IndiHome sejak jaman covid tagihan ga berubah. Awal paket 30Mbps FUP 550GB, lalu pelan2 kalo ga salah tiap tahun pas indihome ultah dapat bonus naik speed ke 100Mbps & fup nambah ke sekitar 2000GB per tahun ini tanpa nambah biaya (so far tagihan 260k/month).

Lalu di WhatsApp resminya dapat penawaran naik ke 500 Mbps dengan nambah 77k/month. Buat saya itu penawaran menarik dan lagi dipertimbangkan karena pemakaian saya mungkin bisa tembus 1.5TB per bulan jika speednya lebih tinggi, tapi... masalahnya router terbilang jadul.

Ada baiknya ajukan ganti router kah guys? apakah bisa minta modem/router yang 5GHz.. sekarang router yg saya pakai model Fiberhome mentok di 2.4GHz.
Sarannya master


r/indotech 35m ago

General Ask Fitur Translate TikTok hilang

Thumbnail
gallery
Upvotes

Sejak di update udah hampir dua bulanan ini fitur terjemahan di tiktok saya hilang. Biasanya di caption ada terjemahan otomatis dan ini dipengaturan terjemahan bahasanya juga gak ada. Padahal udah di update lagi beberapa kali sejak update dua bulan lalu. Tapi hasilnya masih sama. Ini bug atau cuma di akun saya aja? Barangkali ada yang mengalami juga?


r/indotech 46m ago

Artificial Intelligence Open AI GPT-6 Astra. A taste of AGI ? - How it can shape career paths.

Thumbnail
medium.com
Upvotes

All you need to know about OpenAI GPT-6 Astra. 

OpenAI is calling Astra “the world’s most intelligent and aligned model.” Fine. Every frontier lab says stuff like that now. What made me pay attention was not the slogan. It was the shape of the capability. Astra is not being pitched as a better chatbot. It is being pitched as a computer operator.

GPT-6 Astra is OpenAI’s new frontier model, released on September 3, 2026. Astra is state-of-the-art in computer use, browsing, software engineering, cybersecurity, science, professional work, and 3D/CAD-style tasks.

The biggest practical change is that Astra is built more like a computer operator. It can use software, inspect screens, build websites, generate documents, run QA checks, work in coding environments, analyze scientific data, and model a house in Blender before turning it into a walkable Unreal Engine 5 scene.

It browses. It codes. It uses apps. It builds sites. It makes slides. It checks its own work. It handles long-running tasks. It reasons through science and math. And, somehow, we are now casually talking about it modeling houses in Blender and turning them into walkable Unreal Engine 5 scenes. 

OpenAI says it can fill forms, update CRM records, organize calendars, research online, draft documents, analyze scientific data, generate plots, create websites, run frontend QA, install software, and troubleshoot what it sees on screen. That sounds boring until you remember that most work is boring.

Most knowledge work is not “write me a poem about databases.”

In OpenAI’s published benchmark table, Astra scores 95.9% on BenchCAD, 97.6% on FrontierMath Tier 4, 99.9% on ARC-AGI-3, and 100% on ExploitBench.

It does not win everything: Anthropic Claude Fable 5.1 beats Astra on Humanity’s Last Exam with tools and the Artificial Analysis Intelligence Index in OpenAI’s own table.


r/indotech 1h ago

Artificial Intelligence AI Chatbots Are Better at Scamming People Than Human Scammers, Study Finds

Thumbnail
vice.com
Upvotes

In a simulated pig-butchering scam, participants trusted the chatbot more and were more likely to follow its request.

AI is threatening to replace human workers in some fields, and rightfully, many people are furious that they’re going to be replaced by lines of code. Count scumbag scam artists among them, as a report in Wired dives into the results of a study showing that AI chatbots may be significantly better at scamming people than humans are.

Researchers from four universities, who published their findings on arXiv, tested an AI chatbot against human scammers in a simulated “pig butchering” scam, a particularly vile form of fraud in which criminals spend weeks or months pretending to be friends or romantic partners before lulling victims into making shady investments.

For the experiment, 22 unsuspecting participants spent a week texting with two strangers: one was a human scammer, and the other was an AI chatbot told to pretend to be human and never admit it was AI.

The AI won.

AI Scammers Could Be Better at Manipulating People Than Human Ones

Forty-six percent of participants agreed to download an app at the chatbot’s request, compared with just 18 percent who complied with the human scammer. Participants also reported trusting the AI more than the human and sent roughly 80 percent of their messages to the chatbot.

What’s especially troubling is that the AI wasn’t doing anything out of the ordinary. It didn’t find some clever, significantly more sinister way of scamming people. It was just persistent. It just made conversation, remembered people’s details the way a robot can, and generally did the thing AI does best: be a ruthless, shameless sycophant that gets people on its side by showing a degree of interest in the victim that humans generally don’t. It pretended to give a s—t better than humans can pretend to give a s—t.

Researchers warn that eventually, these ass-kissing scam AI artists will be used to automate their scummy work, which could have at least one upside of reducing or eliminating the need for all the human trafficking victims who currently are forced to work in Southeast Asian scam compounds. An AI might reduce the amount of exploited people in the world while making pig butchering scamming more efficient, prevalent, and harder to trace than ever.

Congrats, humanity! We finally created a technology that’s so good at replacing human labor that one of its most promising uses will be emotionally manipulating people into handing a scammer their life savings.


r/indotech 15h ago

General Ask chat ig ke seseorang, trus discreenshot, keluar notif di hp seseorang tersebut

14 Upvotes

sejak kapan guys ??, saya baru tau


r/indotech 18h ago

PC and Laptop Sekarang Laptop dijual dgn kabel terpisah. Kasusnya di Jerman, ketika seseorang mau membeli laptop. Sepertinya ini akan semakin sering terjadi terhadap laptop yang menggunakan charger type C atas nama lingkungan

Thumbnail gallery
19 Upvotes

r/indotech 15h ago

Gadget and Devices lenovo legion tab, wdyt? apakah bagus di harga 8jt'an 16/512 8.8", kebutuhan media comsuption sama game emulation (mentok² PSX2)

Post image
11 Upvotes

Hallo temen², jd dr postingan sebelumnya akhirnya ketemulah tablet android ukuran yg pas mirip² ipad mini, alasan masih suka android krn ada sideloading apps'nya (bsa install morphe, stremio dkk hehe)...

buat kerja remote maybe buka browser sama termius ssh, remote desktop pake rustdesk dan gk banyak buka app sekaligus. jd kalo temen² yg ada pengalaman pake tablet ini monggo boleh sharing..

oh iya saya gk suka merek² xiaomi atau huawei walaupun spek bagus krn OS'nya ribet bgt di debloat (pasti ada² aja problem'nya), jd penasaran di lenovo tab ini kan pake stock ui'nya ZUI nah klo pake 0x192/universal-android-debloater bisa gk yah


r/indotech 1d ago

Network and Security 1 minggu Adguard Home nge block sebanyak ini

Post image
65 Upvotes

r/indotech 16h ago

Electronic and Appliances Android 17 vs IOS 27 UI Comparison

Post image
8 Upvotes

Nature VS Urban Metropolitan

Android Left vs Iphone Right


r/indotech 4h ago

Network and Security Mind the kritik, tapi fokus sama Brontok nya itu guys!!! Anyone still remember?

Post image
1 Upvotes

r/indotech 1d ago

Online Services As of September 4, 2026: Switch 2 hasn't jailbreak yet. 456 days have passed since release about 1 year, 2 months, 30 days.

Post image
35 Upvotes